MaJ9MGVaNGF5MaZ5MqJ6NGZbNncsynIkynwbzD1c

Keuntungan yang Didapat Dari Investasi Saham

BLANTERLANDINGv101
7445131587086471022

Keuntungan yang Didapat Dari Investasi Saham

Sabtu, 13 Juni 2020
Ada beragam keuntungan investasi saham yang dinikmati investor. Berikut ini daftar keuntungan investasi saham :

Keuntungan yang Didapat Dari Investasi Saham

  • Dividen
  • Capital gain
  • Punya hak ikut RUPS karena jadi bagian pemilik perusahaan
  • Modal kecil, tapi dapat peroleh keuntungan yang besar
  • Fleksibel dalam melakukan investasi
  • Pajak kecil
  • Aman dan transparan
1. Dividen
Dividen merupakan pembagian laba yang akan diberikan perusahaan kepada para pemegang saham. Nah, dividen itu sendiri berasal dari keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan. Dividen itu sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu tunai dan saham.

Kalau dividen tunai yang dibagikan, berarti perusahaan akan memberikan uang tunai kepada pemegang saham per satu lembar saham yang mereka miliki.

Sementara dividen saham artinya perusahaan tersebut memberikan dividen berupa saham. Dengan demikian, jumlah saham yang dimiliki investor akan bertambah.

Akan tetapi, ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen kepada pemegang saham walaupun mereka memperoleh laba.

Umumnya perusahaan tersebut ingin melakukan ekspansi atau mengembangkan usaha. Tapi biasanya hal ini dilakukan oleh perusahaan yang dalam tahap pengembangan.

2. Capital gain (kenaikan harga saham)
Capital gain merupakan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham dari hasil selisih harga beli dan harga jual saham.

Jadi, harga jual harus lebih tinggi ketimbang harga beli. Nah, capital gain itu umumnya terbentuk karena adanya aktivitas perdagangan di bursa efek.

Contohnya, kamu membeli saham A yang harga per lembarnya sebesar Rp 3.000. Kemudian kamu menjualnya di angka Rp4.000 per lembar. Nah, berarti kamu akan mendapatkan capital gain sebesar Rp 1.000 per lembarnya.

3. Punya Hak Ikut RUPS karena jadi bagian pemilik perusahaan
Memiliki saham sebuah perusahaan punya keuntungan lain. Sebab sebagai pemilik saham, kita punya hak ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Dalam RUPS, kita bisa mengetahui pemaparan tentang rencana perusahaan ke depan, pembagian dividen, dan informasi mengenai laporan tahunan atau laporan keuangan perusahaan.

4. Modal kecil, keuntungan besar
Banyak orang gemar bermain saham karena mereka hanya perlu menggelontorkan modal yang cukup kecil ketimbang kebanyakan usaha lain. Faktanya, persentase keuntungan yang akan didapatkan dari investasi saham ternyata cukup menjanjikan.

Cukup dengan Rp100 ribu saja, kamu sudah bisa mendapatkan satu lembar saham yang keuntungannya bisa berlipat-lipat di kemudian hari. Bahkan, margin keuntungan yang bisa diraup mencapai 100 persen. 

5. Fleksibel dalam melakukan investasi
Investasi saham adalah aktivitas yang sangat fleksibel. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa harus mengorbankan waktu dari pekerjaan utama.

Terlebih kemajuan teknologi memungkinkan kamu untuk memantau aktivitas bursa efek di mana saja dan kapan saja melalui genggaman smartphone atau laptop.

Dengan begitu, kamu tetap dapat beraktivitas seperti biasa sekaligus menghasilkan uang dari investasi yang kamu tanamkan.

6. Pajak relatif kecil
Jika dibandingkan dengan instrumen investasi yang lain, saham punya persentase pajak yang relatif kecil. Sebab cuma 0,1 persen dari keuntungan akhir yang dimiliki investor. 

Selain itu, pajak saham bersifat final. Artinya, investor gak lagi perlu repot-repot membayar pajak saat pelaporan SPT setiap tahun lantaran sudah otomatis dipotong pialang saham (broker) ketika pelunasan transaksi saham.

7. Aman dan transparan
Investasi saham termasuk usaha bisnis yang aman dan sangat transparan. Sebab semua aktivitas jual dan belinya dilakukan dalam satu ruang lingkup saja, yaitu bursa efek. 

Dengan kata lain, semua transaksi yang terjadi di sana sudah terjamin keamanan dan transparasinya. Jadi, sebagai investor, kamu gak perlu khawatir kehilangan modal karena investasi saham sangatlah aman.
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Kirim Sekarang